Creative People

Sono Lembur: Tunjukan Kebanggaan Lokal dengan Kreatifitas

Kebanggaan dan kepedulian terhadap lokal, bisa kita tunjukan dengan berbagai cara. Kang Ikhsan F Winarya, memilih cara dengan menunjukan kebanggaannya terhadap Sumedang melalui menggambar dan mendirikan perusahaan kreatif yang kita kenal dengan Sono Lembur.

Kang Ikhsan, salah satu founder Sono Lembur — sejak dari kecil memang punya minat menggambar. Banyak guru dan teman-temannya yang bilang bahwa gambar yang dibikin Ikhsan bagus. Minatnya Kang Ikhsan, juga disadari oleh orang tuanya. Suatu waktu, Ibunya pernah sengaja menjilid kertas bekas di tempat foto copy untuk dijadikan buku gambar. Cuma dalam seminggu, kang Iksan menghabiskan buku itu untuk menggambar sesuka hati. Kang Iksan mengaku, ketika beranjak besar minatnya tidak terlalu terasah. Salah satunya karena kurangnya lingkungan mendukung (komunitas) untuk memaksimalkan minatnya.

whatsapp-image-2016-12-09-at-8-05-50-pm

Tah ieu Kang Ikhsan teh

Baru ketika memutuskan untuk mengambil program D3 Teknik Grafika Penerbitan dengan konsentrasi Design Grafis di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Kang Ikhsan kembali bersemangat menekuni minatnya. Setelah lulus, Kang Ikhsan sempat bekerja di berbagai perusahaan dan menjadi freelance sebagai Graphic Designer dan Illustrator.

Saat merasa kangen sama lemburnya (Sumedang), akhirnya Kang Ikhsan bersama teman-temannya muncul ide membuat gambar yang berhubungan dengan Sumedang dan dinamai dengan Sono Lembur. Awalnya hanya project sampingan, namun karena dorongan keluarga untuk kembali ke Sumedang dan response yang baik dari masyarakat, akhirnya Kang Ikhsan bersama partnernya, Kang Rifa (Muhammad Nurrifa Yasha) full time berkarya di Sono Lembur. Dedikasi tim Sono Lembur tidak sia-sia, karena produknya sudah bisa sampai ke berbagai negara seperti Singapura, Jepang, Australia dan bahkan Amerika Serikat, dengan omzet puluhan juta setiap bulannya.

Selain terus menjual produk kreatif yang berhubungan dengan Sumedang, Sono Lembur berencana untuk ekspansi ke market Jawa Barat. Kang Sono yang juga bagian dari project Intellectual Property (IP)-nya Sono Lembur, ingin menjadi karakter populer Sunda yang sesuai perkembangan zaman.

#kangsono #nengocha #artwork

A photo posted by Kang Sono & Neng Ocha ? (@kangsono_nengocha) on

Kabar baiknya, Sono Lembur  berkolaborasi dengan Sumedang Creative, untuk pertama kalinya akan berpartisipasi di festival pop culture terbesar di Asia, yaitu Popcon Asia 2017 yang akan diselenggarakan di JCC, 4-6 August 2017. Doanya dari teman-teman semua!

About the author

Sumedang Creative

Sumedang Creative adalah inisiatif lokal untuk memaksimalkan potensi yang ada di Sumedang melalui kreativitas.

Leave a Comment

Powered by keepvid themefull earn money