Event

SMEs Talk, Kampung Karuhun : Bangkitkan Wisata Sumedang

Jika “Bandung  diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum” maka “Sumedang ada untuk membuat Tuhan terpesona”. Ya, mungkin itu kalimat yang tepat jika melihat potensi yang ada di Sumedang. Sebagai salah satu langkah dari pengembangan potensi wisata di Sumedang itu sendiri, Kampung Karuhun, yang berlokasi di daerah Citengah Sumedang mengadakan acara Small Medium Enterprises Talk atau SMEs Talk.

Acara yang dimulai pada pukul 08:00 pagi hari ini mengumpulkan para pengusaha dari berbagai bidang. Dengan tujuan utama mengembangkan potensi pariwisata, para pengusaha yang hadir dalam acara hari Senin (17/05) ini saling bertukar pikiran, memadu padatkan kemampuan masing – masing dalam upaya mengembangkan wisata Sumedang.

“Sumedang saat ini berada di tengah – tengah, bisa maju ataupun bangkrut!” Setidaknya itu salah satu kalimat yang keluar dari H. Nana Mulyana, ketua pelaksana SMEs Talk jugas sekaligus pemilik dari Kampung Karuhun saat ditemui dalam acara tersebut. Menurutnya, kemajuan kota Sumedang sangat bergantung pada bidang pariwisatanya. Wacana pengembangan destinasi wisata di Sumedang pun mulai gencar dilakukan, saat ini daerah Citengah yang juga menjadi tempat berdirinya Kampung Karuhun sedang dalam proses pengembangan, untuk dijadikan salah satu destinasi wisata di Sumedang.

Selain daripada itu, acara yang dihadiri oleh DR. H. Don Murdono itu pun bertujuan untuk mengundang investor – investor dari luar Sumedang. Dengan harapan, dapat ikut membantu mengembangkan berbagai potensi yang ada di Sumedang. Dari keterangan yang kami dapatkan, acara ini juga menuntut perubahal polapikir dari masyarakat Sumedang itu sendiri, baik para pengembang di dunia pariwisata maupun di kalangan masyarakat.

“Sebagian warga di Sumedang itu masih memiliki paradigma yang sangat salah; ari kubatur ulah, tapi kusorangan teu digarap” Muncul sedikit kekecewaan dari Bpk. Nana yang berpendapat bahwa polapikir dan kompetensi yang ada di masyarakat Sumedang ini harus diperbaiki. Pemilik dari Kampung Karuhun yang sekarang tengah memiliki wacana membangun hotel di daerah Citengah tersebut sangat berharap bahwa warga Sumedang sendiri lah yang nantinya akan mengelola semua destinasi wisata di Sumedang dengan baik.

Di akhir, Bpk. Nana sangat berharap bahwa nantinya Sumedang dapat menjadi “ancaman” bagi kota – kota besar di sekitarnya, bersaing dengan Bandung dan Cirebon sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Beliau pun sangat berharap banyaknya warga Sumedang yang ikut dalam pembangunan destinasi wisata di Sumedang. “Da lamun ngandelkeun pemerintah mah, moal anggeus nepi ka lebaran monyet ge” -H. Nana Mulyana.

About the author

Sumedang Creative

Sumedang Creative adalah inisiatif lokal untuk memaksimalkan potensi yang ada di Sumedang melalui kreativitas.

Leave a Comment

Powered by keepvid themefull earn money